ajatkurniawan.com

Hubungi Kami: 087736500711 | 082134844244 | Pin 7FC7ED2D

Langkah-langkah / Cara Membuat Kaligrafi Untuk Hiasan Dinding

Cara Membuat Kaligrafi Dengan Bambu


Kaligrafi Bambu Runcing adalah sebuah karya seni yang unik dan artistik, karya seni ini bisa berupa kaligrafi huruf arab atau latin. Nilai lebih dari karya seni ini adalah bentuknya yang unik dengan efek tiga dimensi dan natural, karena dirangkai mengikuti serat dan lengkungan bambu secara langsung, serat-serat bambu nampak jelas menambah kesan alami karya ini.

Selain unik, kualitas karya seni bambu ini juga tidak kalah bila dibandingkan dengan kerajinan kayu dan sejenisnya. Bahan dasar bambu yang dipakai adalah bambu wulung, apus, petung dan jenis-jenis bambu lain yang mempunyai ketebalan yang ideal dengan ukurannya. Bambu yang dipilih adalah bambu yang benar-benar sudah tua dan pengambilannya dilakukan pada musim kemarau agar kandungan patinya rendah.

Sebelum diolah menjadi karya seni kaligrafi, bambu harus melalui beberapa proses agar hasil dan kualitasnya bisa maksimal antara lain, pengawetan, pemotongan, penghalusan, perangkaian, pengecatan dan penempelan.

Simak cara berikut:

→ Pengawetan dimulai dengan perendaman dalam air tergenang selama 2 minggu, diikuti oleh uap panas(oven) selama 5 jam,perebusan dalam air selama 3 jam dan perebusan dalam larutan asam klorida 3% selama 4 jam.

→ Pemotongan harus dilakukan dengan teliti dan hati-hati supaya hasilnya rapi dan kulitnya tidak terkelupas,

→ Penghalusan bambu dengan cara pengamplasan.

→ Perangkaian dilakukan dengan mengikuti serat dan lengkungan bambu sehingga terbentuk huruf-huruf kaligrafi yang indah dengan kesan tiga dimensi.

→ Pengecatan, ada beberapa pilihan pengecatan yaitu warna natural, solid dan gradasi dengan kesan glossy atau doff, agar terkesan alami biasanya dipilih cat warna natural doff.

→ Penempelan, rangkaian huruf kaligrafi disusun sesuai desain yang diinginkan dengan mengikuti lengkungan bambu tanpa menyalahi kaidah kaligrafi islam maupun latin, dan ditempelkan dengan lem khusus ke background.

→ Proses akhir adalah pemberian bingkai dan kaca.

posts by: http://www.inijalanku.com/

Langkah-langkah / Cara Membuat Kaligrafi Untuk Hiasan Dinding
Artikel "Langkah-langkah / Cara Membuat Kaligrafi Untuk Hiasan Dinding" ditulis oleh admin update terakhir pada 29th September 2011 Categories: Agama & Kepercayaan, Hobi, Rumah & Taman Tags: permalinks http://www.ajatkurniawan.com/langkah-langkah-cara-membuat-kaligrafi-untuk-hiasan-dinding.html di Herbal Back To Nature

Related Posts:

Histats
Obat Kutil Kelamin, Obat Kanker, Obat Diabetes, Obat Sipilis, Obat Gonore, Obat Kencing Nanah, Obat Raja Singa, Obat Eksim, Obat Liver, Obat Jengger Ayam, Obat Wasir, Obat Klamidia, Obat Kondiloma Akuminata, Obat Ambeien
2015 - Herbal Back To Nature