ajatkurniawan.com

Hubungi Kami: 087736500711 | 082134844244 | Pin 7FC7ED2D

Menghitung dan Mengetahui Masa Subur Wanita

Menghitung dan Mengetahui Masa Subur WanitaCara Mengetahui Masa Subur WanitaCara Menghitung Masa Subur Wanita – Pada kesempatan kali ini, blog inijalanku akan share untuk Anda yg belum tahu Menghitung dan Mengetahui Masa Subur Pada Wanita. Tp sebelumnya apa itu masa subur? Masa subur wanita adalah suatu masa dimana dalam sebuah siklus menstruasi seorang perempuan dimana terdapat sel telur yang matang dan sudah siap untuk dibuahi.

Menghitung dan Mengetahui Masa Subur Wanita

Dengan kata lain jika seorang perempuan melakukan hubungan seksual maka dimungkinkan terjadi kehamilan. Pada umumnya bagi seorang perempuan yang mempunyai siklus haid 28-30 hari maka masa suburnya berada antara hari ke 12 hingga hari ke 18 dihitung dari hari pertama haid. Untuk lebih jelasnya berikut adalah cara menghitung dan mengetahui masa subur :

• Melalui Siklus Haid

Jika Anda termasuk orang yang memiliki siklus haid yang setiap bulannya lancar dan normal maka siklus haid dapat digunakan untuk mengetahui masa subur Anda.

Ada ahli yang berpendapat sikulus haid normal 28 hari, pertengahan siklusnya hari ke – 14 ( 28 : 2 ), masa suburnya 3 haari sebelum hari ke -14, yaitu ( 14 – 3 ) dan 3 hari setelah hari ke -14 yaitu hari ke -17 ( 14 + 3 ) adi masa subur terjadi pada hari ke -11 dan hari ke -17

Ada pula cara / rumus lainnya dalam menghitung masa subur dengan sistem kalender, seperti berikut ini :

Masa Subur = Hari Terakhir Haid Menstruasi + 13

Masa Prasubur = Masa Subur -3 & Masa Subur + 3

Untuk lebih akurat Anda setidaknya melakukan pengamatan dengan minimal 6 kali siklus haid, karena siklus dari masa subur wanita berbeda satu dengan yang lainnya.

– Jika siklus haid teratur ( 28 hari ) :

  • Maka hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1
  • Masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid

– Jika siklus haid tidak teratur :

  • Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya.
  • Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

Rumus :

→ Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18
→ Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11

• Perubahan sekresi lendir leher rahim ( Serviks )

Anda juga dapat mengathui masa subur melalui pemeriksaan getah lendir (mukus) mulut rahim (serviks). Caranya adalah lendir dari mulut rahim diperiksa setiap hari. Apabila hormon estrogen mencapai puncaknya pada saat ovulasi pada umumnya lendir rahim jadi agak encer dan bila diraba dengan jari telunjuk atau ibu jari, lalu rekatkan lendir tersebut seperti membentuk benang dengan jarak 2 – 3 cm. Jika lendir tersebut terputus tandanya tidak subur, dan apabila lendir tersebut tidak terputus maka ada dalam masa subur, tingkat keberhasilan dengan cara ini hanya sekitar 60% – 70%.

Biasanya lendir rahim berwarna bening, mungkin elastis, mudah pecah, lembut, licin seperti putih telur yang mentah. Elastisitas ini dikenal sebagai efek Spin yng menunjukkan lendir subur. Untuk lebih yakin lendir yang keluar dari mulut rahim dapat diperiksa oleh ahli pada objek gelas dibawah mikroskop, apabila lendir yang terjadi pada masa subur akan terlihat seperti daun pakis.

• Mengukur suhu tubuh

Pada umumnya suhu tubuh manusia normal basanya 35,5 – 36 derajat celsius. Kenaikan suhu tubuh terjadi apabila sudah terbentuknya progesteron yang bertugas menyiapkan jaringan dalam rahim untuk menerima sel telur yang telah di buahi. Caranya adalah lakukan pengukuran suhu tubuh pada pagi hari setelah bangun tidur sebelum melakukan aktivitas apapun.

Masukkan termometer ke dalam dubur atau mulut vagina selama 5 – 6 menit. Tutup kembali mulut vagina selama pengukuran berlangsung, lakuakn hal ini setip hari pada jam yang selama 3 bulan. Jangan lupa untuk mencatat setiap hasil pengukuran sampai membentuk kurva. Namun ada syaratnya yaitu selama menentukan masa subur dengan mengukur suhu selama 3 bulan : suhu tubuh tidak boleh dalam kondisi demam, jangan tidur dibawah lampu yang panas, dan jangan tidur dengan menggunakan AC dalam suhu yang sangat tinggi.

Oke demikianlah sedikit inpormasi mengenai cara Menghitung dan Mengetahui Masa Subur Wanita yg saya ketahui, semoga bermanfaat dan bisa jdi pengetahuan buat Anda. Trims

Anda juga bisa baca artikel kami yg lainnya Cara Mencegah Timbulnya Rambut Beruban, Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat ataupun Model Gaya Sepatu Wedges Terbaru

Menghitung dan Mengetahui Masa Subur Wanita
Artikel "Menghitung dan Mengetahui Masa Subur Wanita" ditulis oleh admin update terakhir pada 12th July 2012 Categories: Wanita & Kecantikan Tags: permalinks http://www.ajatkurniawan.com/menghitung-dan-mengetahui-masa-subur-wanita.html di Herbal Back To Nature

Related Posts:

Histats
Obat Kutil Kelamin, Obat Kanker, Obat Diabetes, Obat Sipilis, Obat Gonore, Obat Kencing Nanah, Obat Raja Singa, Obat Eksim, Obat Liver, Obat Jengger Ayam, Obat Wasir, Obat Klamidia, Obat Kondiloma Akuminata, Obat Ambeien
2015 - Herbal Back To Nature