Home » Rumah & Taman, Sosial & Budaya » Rumah Adat Jawa Barat

Rumah Adat Jawa Barat

Rumah Adat Jawa BaratRumah Adat Daerah Jawa Barat РRumah adalah kebutuhan pokok kita sebagai manusia. Untuk berteduh, melindungi kita dari segala cuaca dan dari segala bahaya. Hal ini disadari sejak dulu oleh para leluhur kita. Maka munculah istilah rumah adat. Dinamakan demikian karena rumah yang dibuat oleh suku yang satu dengan suku bangsa yang lainnya berbeda-beda. Seperti halnya provinsi lain yang ada di Indonesia, Jawa Barat memiliki berbagai macam rumah tinggal. Salah satunya adalah rumah tinggal yang disebut jogo anjing, yaitu rumah yang bentuknya segi empat dengan serambi di depan yang bentuknya masih sederhana. Selain itu, juga ada rumah heuaay bodoh yang bentuknya sedikit lebih besar, dan rumah julang ugapok yang mempunyai bentuk atap yang kelihatan megah.

rumah adat jawa barat Rumah Adat Jawa Barat

Berikut ini jenis-jenis rumah adat di Jawa Barat.

Jolopong
Bentuknya atapnya memanjang seperti pelana. Orang zaman dahulu sering menyebutnya gagajahan atau regol.

Tagog Anjing
Biasanya disebut juga atap rumah jogog. Bentuknya seperti seekor anjing yang sedang dalam posisi duduk. Bagian depan dari atap ini seperti mulut anjing, menjulur menutupi bagian teras rumah sehingga meneduhi bagian depan rumah.

Badak Heuay
Biasanya bentuk atapnya kurang lebih mirip dengan atap togog, namun di bagian atas atapnya ada tambahan atap depan dan belakang sehingga mirip dengan seekor badak yang sedang menguap.
Perahu Kemureb (nangkub)

Sebagian orang ada yang menyebutnya suhuna jubleg nangkub. Bentuknya seperti perahu yang terbalik, dalam bahasa sunda disebut nangkub.

Capit Gunting
Atap jenis ini di setiap bagian ujung ditambahkan ornamen kayu mirip gunting yang siap menggunting dengan mencapit.  Oleh karena itu pula sebagian orang menyebutnya srigunting.

Buka Palayu
Susunan atapnya hampir mirip dengan rumah adat betawi. Rumah jenis ini biasanya dilengkapi dengan teras yang panjang di bagian depannya.

Buka Pongpok
Bentuknya hampir mirip dengan atap buka palayu. Perbedaannya terletak pada bagian pintunya yang diarahkan langsung ke bagian jalan.

Julang Ngapak
Bentuknya mirip dengan seekor burung yang sedang terbang ke langit. Jika dilihat dari depan, atap bagian kiri dan kanannya mirip dengan sayap burung yang sedang terentang. Di bagian paling atas di empat penjuru bersambung antara satu dengan yang lainnya dari pinggir lalu turun ke bawah. Di bagian tengahnya ada sambungan menggunakan tambahan mirip gunting yang membuka di bagian puncaknya.

Oke demikianlah sedikit inpormasi pengetahuan buat Anda Rumah Adat Jawa Barat, semoga bermanfaat.

Rumah & Taman » Sosial & Budaya »
Tulisan Sebelumnya
«
Tulisan Selanjutnya
»

0 Komentar "Rumah Adat Jawa Barat"



Halo, Silahkan Tinggalkan Komentarnya