Home » Komputer & Teknologi, Pendidikan » Sejarah Komputer dan Perkembangannya | Lengkap

Sejarah Komputer dan Perkembangannya | Lengkap

Sejarah Komputer dan Perkembangannya | LengkapSejarah Komputer dan PerkembangannyaSejarah Komputer LengkapSejarah Komputer LengkapSejarah Singkat Komputer – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sejarah komputer yg sedang Anda cari. Siapa sih jaman sekarang yg nggak tau komputer? Saya definisikan dulu seperti yg dikutip anneahira, komputer adalah sebuah perangkat yang dinilai memiliki peran besar dalam menciptakan perubahan di dunia. Pada saat komputer ditemukan, dijadikan diangap sebagai awal pergeseran peradaban manusia. Dari yang sebelumnya masih menggunakan teknologi konvensional, berkembang kepada teknologi modern. Dari sistem yang berbasis analog, berganti menjadi siste yang berbasis digital.

sejarah komputer dan perkembangannya lengkap Sejarah Komputer dan Perkembangannya | Lengkap

Berikut adalah informasi untuk Anda tentang Sejarah Komputer:

Sejarah Perkembangan Komputer secara umum terbagi menjadi 2 bagian :

  • Sebelum tahun 1940
  • Sesudah tahun 1940

Sebelum tahun 1940

Sejarah komputer dimulai pada saat manusia melakukan proses perhitungan dalam kehidupan. Dimulai secara manual dengan menggunakan jari  jemari, dan kemudian tercipta sebuah alat abakus yang dapat digunakan untuk melakukan perhitungan.

Setelah itu pada tahun 1617, John Napier mengemukakan logaritma, dan alat tersebut diberi nama tulang Napier. Tulang Napier dapat digunakan untuk melakukan berbagai macam perhitungan angka-angka.

Dan setelah itu pada tahun 1642 Bliase Pascal menciptakan mesin hitung mekanikal pertama yang dapat beroperasi dengan cara menggerakan gear pada roda yang kemudian dikembangkan oleh William Leibnitz. Pada tahun 1816 Charles Babbage membangun sebuah mesin lain yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah perhitungan matematika seperti logaritma secara mekanikal dengan tepat sampai dengan dua puluh digit.

Mesin itu juga telah dilengkapi dengan fasilitas “kartu/card” sebagai input, untuk menyimpan “file-file” data, melakukan perhitungan secara otomatis dan mengeluarkan outpun dalam bentuk cetakan pada kertas. Fasilitas “Card” tersebut pertama kali digunakan sebagai sebuah alat input dalam pengembangan industri tekstil pada mesin tenun otomatis yang diciptakan oleh Joseph Jecquard pada tahun 1801.

Setelah itu penggunaan “card” di populerkan oleh Herman Hoolerith sebagai sebuah alat input data yang telah banyak digunakan oleh penduduk Amerika pada tahun 1887. Dengan menggunakan “card” maka masalah fungsi-fungsi  trigonometri  dapat diselesaikan dengan mudah.

Perkembangan Komputer Setelah Tahun 1940

KOMPUTER GENERASI PERTAMA (1940 – 1959)

ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator)

Pada Tahun  1946 Dr John Mauchly dan Presper Eckert menciptakan computer dengan nama ENIAC, ENIAC terdiri dari 70.000 resistor, 5 juta titik soldier dan 18.000 tabung hampa udara, computer tersebut memiliki ukuran yang sangat besar dan mengkonsumsi daya sebesar 160.000 Watt, pada jamannya computer ENIAC merupakan computer serbaguna atau general purpose computer yang dapat bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkand engan computer Mark I.

EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer)

Memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal.

Pada tahun 1945 Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) dengan sebuah memori yang dapat digunakan untuk menampung baik itu program ataupun data. Penggunaan tabung-tabung vakumpun telah dikurangi di dalam EDVAC, dan untuk proses perhitungan dapat dilakukan dengan lebih cepat dibandingkan dengan ENIAC.

Dengan menggunakan teknik ini komputer dimungkinkan untuk dapat berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan kembali pekerjaannya. Kunci utamanya adalah arsitektur von.

sejarah komputer dan perkembangannya lengkap ii Sejarah Komputer dan Perkembangannya | Lengkap

Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi dari komputer untuk dapat dikoordinasikan menjadi satu sumber tunggal.

EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Calculator)

Komputer EDSAC memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri) dalam tube untuk dapat menyimpan memori.

UNIVAC I (Universal Automatic Calculator)

Dr Mauchly dan Eckert menciptakan UNIVACI pada tahun 1951, Komputer ini merupakan jenis komputer yang dapat digunakan untuk memproses data perniagaan dan merupakan komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann. Komputer UNIVAC ini pernah dimiliki oleh Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric.

UNIVAC pernah menghasilkan sesuatu yang mengesankan yaitu dengan keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden di tahun 1952.

Salah satu karakteristik dari Komputer Generasi pertama adalah intruksi operasi yang dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Dalam setiap komputer terdapat program yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan adanya batasan pada kecepatan.

Salah satu ciri yang sangat menonjol dari komputer generasi pertama adalah penggunaan tabung hampa udara yang membuat bentuk komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar, selain itu juga penggunaan silinder magnetik dalam proses penyimpanan data.

Demikianlah artikel Sejarah Komputer dan Perkembangannya | Lengkap yg di cari Anda, semoga artikel diatas bisa bermanfaat dan bisa menjadikan pengetahuan dan wawasan yg luas bagi kita.

Mungkin Anda juga perlu tahu Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Komputer & Teknologi » Pendidikan »
Tulisan Sebelumnya
«
Tulisan Selanjutnya
»

0 Komentar "Sejarah Komputer dan Perkembangannya | Lengkap"



Halo, Silahkan Tinggalkan Komentarnya