ajatkurniawan.com

Hubungi Kami: 087736500711 | 082134844244 | Pin 7FC7ED2D

Tips / Cara Mendidik Anak Supaya Tidak Boros

Tips / Cara Mendidik Anak Supaya Tidak Boros

Kasih sayang orang tua terhadap anak memang tidak ada batasnya. Namun kasih sayang terhadap anak bukan berarti semua yang diinginkan oleh anak mesti dipernuhi oleh orang tua. Orang tua juga mesti mempertimbangkan apa yang sebaiknya dipenuhi dari permintaan si anak, apa yang mesti ditunda dilain waktu, serta apa yang tidak harus diberikan.

Tanpa memikirkan prioritas untuk anak, apa yang diminta langsung diberi, maka tidak jarang anak semakin lama justru akan menjadi manja. Semua keinginan harus dituruti, entah itu sebenarnya bermanfaat atau enggak untuk mereka. Akibatnya pengeluaran keluarga juga menjadi semakin tidak terkendali. Untuk mengatasi perilaku boros pada anak, mari simak tips berikut :

1. ► Ikut sertakan mereka dalam rencana keluarga.
Dengan mengikutsertakan mereka dalam sebuah tujuan bersama, ikatan Anda serta keluarga akan lebih kuat. Contohnya, rencanakan sebuah liburan bersama di suatu tempat, ikut sertakan mereka dalam penyusunan rencana keuangan yang akan dihabiskan untuk rencana liburan. Cara ini dapat memberikan pengajaran bagi mereka terkait keuangan serta menetapkan focus on.

2. ► Ajak mereka menyusun keuangan keluarga.
Menyusun keuangan rumah tangga memang membosankan apalagi untuk anak kecil yang belum mengetahui apa pun terkait masalah keuangan. Namun, aktivitas ini dapat membuat mereka mengerti keperluan apa saja yang menghabiskan uang orangtuanya. Ketika mereka melihat tidak ada sisa dari pendapatan orangtua, mereka akan berhenti merengek untuk sesuatu yang tidak mereka miliki.

3. ► Biarkan mengatur keuangan mereka.
Anda dapat memberikan anak uang saku sebulan sekali serta memasukkannya ke dalam rekening tabungan di financial institution atas nama mereka. Biarkan mereka mengaturnya sendiri. Namun, katakan pada mereka bahwa Anda tidak akan memberikan uang saku tambahan jika uang saku for each bulan mereka habis.
Katakan juga jika mereka ingin membeli barang yang mereka inginkan, mereka harus berusaha lebih keras dalam menabung serta membeli barang tersebut dari hasil tabungannya. Dengan membuat tabungan di financial institution atas nama anak, mereka bisa mengerti menggunakan uang mereka dengan bijak. Mereka akan membeli barang, karena mereka memerlukannya bukan karena mereka ingin.
Anda juga dapat memberikan anak yang masih sangat kecil sebuah rekening buatan dengan buku yang menyerupai buku tabungan. Bantu mereka menulis pemasukan serta pengeluaran mereka setiap minggu. Setiap kali mereka meminta barang, Anda dapat menguranginya dari buku tersebut.
Ketika mereka tidak lagi memiliki uang di dalam ‘buku tabungannya’, mereka tidak akan merengek untuk meminta Anda membelikan barang keinginannya.

4. ► Ajak anak saat membayar tagihan.
Sesekali ajak anak-anak Anda membayar tagihan seperti listrik ataupun pajak. Dengan ini mereka pun akan mengerti sistem pembayaran di negara mereka.

5. ► Konsisten.
Ajarkan mereka untuk konsisten dengan pengaturan keuangan mereka. Jika perlu tetap periksa buku tabungan mereka serta tanyakan untuk keperluan apa saja mereka menghabiskan uangnya.

Itulah 5 tips untuk mendidik anak supaya tidak boros, semoga bermanfaat bagi anda, bisa membantu dan bisa di mengerti.

Kalau Anda ingin mendidik anak remaja yang baik? Klik disini

post by: http://www.inijalanku.com/

Tips / Cara Mendidik Anak Supaya Tidak Boros
Artikel "Tips / Cara Mendidik Anak Supaya Tidak Boros" ditulis oleh admin update terakhir pada 24th September 2011 Categories: Keluarga, Pendidikan, Sosial & Budaya Tags: permalinks http://www.ajatkurniawan.com/tips-cara-mendidik-anak-supaya-tidak-boros.html di Herbal Back To Nature

Related Posts:

Histats
Obat Kutil Kelamin, Obat Kanker, Obat Diabetes, Obat Sipilis, Obat Gonore, Obat Kencing Nanah, Obat Raja Singa, Obat Eksim, Obat Liver, Obat Jengger Ayam, Obat Wasir, Obat Klamidia, Obat Kondiloma Akuminata, Obat Ambeien
2015 - Herbal Back To Nature