ajatkurniawan.com

Hubungi Kami: 087736500711 | 082134844244 | Pin 7FC7ED2D

Tips Resep Cara Membuat Kue Paling Enak | Roti Donat

Anda dan keluarga suka menikmati kue donat? Daripada selalu membeli, tak ada salahnya kan untuk mencobanya sendiri. Kalau sudah begini tentu Anda ingin mendapatkan tips membuat donat yang empuk dan enak, bukan?

Donat atau dalam bahasan inggirsnya disebut donut, salah satu kue yang namanya cukup populer dan bisa jadi sebagai favorit masyarakat dunia. Kemunculannya sejak pertama kali, donat memiliki penampilan bentuk yang sangat khas dengan lubang di tengah layaknya seperti cincin. Namun sesekali ada juga yang berbentuk bulat lau diisi dengan resep di dalamnya.

Cara Membuat Kue Donat

Donat memiliki sejarah yang cukup panjang, para arkeolog Amerika menemukan beberapa peninggalan yang menggambarkan adanya jenis makanan berbentuk seperti donat pada zaman pra sejarah. Namun diduga keras bahwa donat berasal dari negara Belanda, tepatnya dari daerah Manhatten dan disana donat dinamakan “olykoeks” atau kue yang digoreng.

Hingga kini kemunculan donat masih menjadi sajian resep kue favorit yang praktis untuk disantap. Bahkan di Amerika sendiri, mungkin saat ini ada lebih 10 juta donat diproduksi setiap tahunnya. Tak mau kalah, di Indonesia resep kue donat yang diadaptasi dari resep kuliner Barat ini kepopulerannya bisa disejajarkan dengan resep kue-kue tradisional Indonesia seperti resep jajanan pasar. Buktinya untuk mendapatkan kue donat tidaklah sulit, baik di pasar tradisional maupun di berbagai bakery shop modern.

Di tengah masyarakat yang modern, kini penampilan donat tidak selalu berbentuk bulat dengan lubang di tengah, bahkan bentuknya makin unik dan bervariasi, sehingga makin menggoda untuk disantap. Anda penasaran ingin membuat kue donat sendiri dengan citarasa lezat, aroma yang harum dan sungguh terasa empuk saat digigit? Yukkz simak tips singkat berikut ini:

Kenali Bahan Resepnya:

→ Tepung
Bahan resep utama untuk membuat donat adalah resep tepung terigu dengan kandungan proteinnya sedang. Saat pengulenan, protein akan berubah majadi gluten yang kemudian akan memberi kerangka / tekstur yang bagus. Kadang, resep tepung yang digunakan dalam membuat donat dicampurkan dengan resep tepung protein rendah untuk memperoleh terkstur yang lebih lembut.

→ Gula
Pilihlah gula yang mudah larut dalam air. Gula halus bisa juga digunakan. Gula bukan saja sebagai resep bahan untuk memaniskan, tetapi juga menentukan keempukan dan mempertahankan daya simpan kue donat. Sekalipun donat yang ingin Anda buat berasa asin, jangan tinggalkan gula. Mengapa? Gula juga berfungsi mengaktifkan ragi.

→ Telur
Tidak bisa dipungkiri pemakaian resep telur membuat resep donat makin enak. Banyak orang lebih suka menggunakan bagian kuning telur ketimbang putihnya. Dengan tujuan melembutkan dan memberikan warna kuning yang lebih menarik.

→ Pengembang
Ragi adalah resep bahan pengembang yang paling populer. Yang paling banyak digunakan saat ini adalah ragi instan, karena jauh lebih mudah cara penggunaannya yaitu cukup diaduk dengan adonan. Selain itu, penambahan resep baking powder dan resep improver (bread improver) sebagai pengembang juga berpengaruh terhadap keempukan kue donat.

→ Cairan
Ada yang suka menggunakan air. Sebagian ada juga yang lebih suka menggunakan resep cairan susu ke dalam adonan. Penggunaan resep susu membuat kue donat lebih lembut ketimbang air, selain itu rasanya jauh lebih enak.

→ Garam
Walaupun penggunaannya cuma seujung sendok teh, penambahan garam dalam adonan fungsinya cukup besar yaitu untuk mengontrol pengembangan adonan. Yang patut diingat, garam dapat menghambat kerja ragi sehingga jangan pernah didekatkan. Jadi penambahan garam, sebaiknya setelah adonan tercampur rata, akan jauh lebih baik.

→ Lemak
Margarin dan mentega adalah lemak yang seirng digunakan dalam membuat resep donat. Adanya lemak dalam resep adonan donat akan membuat kaya citarasanya disamping juga membuat donat jadi lembut.

→ Minyak Goreng
Pilih minyak goreng yang warnanya kuning jernih. Lebih bagus menggunakan minyak goreng padat, karena hasilnya lebih cryspy.

→ Taburan
Kalau dahulu donat cukup ditabur dengan gula halus, kini donat mulai mempercantik diri. Bahan-bahan resep yang bisa dijadikan taburan seperti resep misis, resep almond, resep cokelat, resep kacang cincang, hingga beragam resep perment trimit yang bentuknya lucu dan menarik.

 

Sumber: http://resepmasakanindonesia.info/
Tips Resep Cara Membuat Kue Paling Enak | Roti Donat
Artikel "Tips Resep Cara Membuat Kue Paling Enak | Roti Donat" ditulis oleh admin update terakhir pada 28th February 2012 Categories: Kuliner, Tips & Cara Tags: permalinks http://www.ajatkurniawan.com/tips-resep-cara-membuat-kue-paling-enak-roti-donat.html di Herbal Back To Nature

Related Posts:

Histats
Obat Kutil Kelamin, Obat Kanker, Obat Diabetes, Obat Sipilis, Obat Gonore, Obat Kencing Nanah, Obat Raja Singa, Obat Eksim, Obat Liver, Obat Jengger Ayam, Obat Wasir, Obat Klamidia, Obat Kondiloma Akuminata, Obat Ambeien
2015 - Herbal Back To Nature